SMK Negeri 3 Kota Tegal

Jl. Gajahmada No.72D Kota Tegal

SMK Bisa - SMK Hebat - Siap Kerja - Santun - Mandiri - Kreatif

UJI AN/ATKAPIN

Selasa, 28 Januari 2020 ~ Oleh Humas dudi ~ Dilihat 54 Kali

Kemampuan pelaut perikanan Indonesia telah diakui dunia. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2011, jumlah pelaut perikanan sebanyak 2.237.640 orang, jauh lebih besar dibandingkan dengan para pelaut kapal niaga yang berjumlah 338.224 orang. Sayangnya belum semua pelaut perikanan memiliki sertifikat kompetensi yang dapat menjadi acuan kompetensi dalam persaingan dalam dunia kerja internasional. Konvensi Internasional tentang  Standar Pelatihan, Sertifikasi dan Pencatatan untuk Personel Kapal Perikanan, 1995 (STCW-F 1995 Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Fishing Vessel Personnel) mulai berlaku pada tanggal 29 September 2012. Konvensi STCW-F menetapkan persyaratan pelatihan sertifikasi dan minimum untuk awak kapal nelayan sepanjang 24 meter dan lebih tinggi. Konvensi tersebut terdiri dari 15 pasal dan lampiran yang berisi peraturan teknis.

Konvensi STCW-F adalah yang pertama menetapkan persyaratan dasar tentang pelatihan, sertifikasi dan pengawasan untuk Personil Kapal Perikanan di tingkat internasional. Konvensi STCW-F telah diratifikasi oleh banyak negara, diantaranya: Kanada, Denmark, Islandia, Kiribati, Latvia, Mauritania, Maroko, Namibia, Norwegia, Palau, Federasi Rusia, Sierra Leone, Spanyol, Republik Arab Suriah dan Ukraina, dan juga oleh Faroes, Denmark.

Untuk itu SMK N 3 Tegal menyiapkan siswa dan alumni program keahlian pelayaran agar bisa mendapatkan sertifikasi yang bisa digunakan  menghadapi penerapan STCW-F tersebut. Salah satunya adalah sertifikat AN/ATKAPIN II yang dilaksanakan ujiannya dari tanggal 28 Januari 2020 – 04 Februari 2020 dan diikuti oleh 41 peserta siswa TKPI dan 45 peserta siswa NKPI serta 2 alumni yang mengikuti remidiasi. Diharapkan semua yang mengikuti uji AN/ATKAPIN kali ini bisa lulus dan mendapatkan sertifikat sehingga sekolah sebelum pelaksanaan uji memberikan penguatan materi bagi semua peserta dengan mengadakan refreshing materi uji dengan mentor dari guru dan pelatih yang mumpuni.

Lulusan yang mempunyai sertifikat AN/ATKAPIN ini nantinya mempunyai nilai lebih di industri pelayaran dan penangkap ikan pada khususnya baik secara finansial maupun jabatannya, apalagi sekolah tersebut sudah mempnyai kerjasama dengan industri  pelayaran dari Jepang dan Korea serta negara- negara lainnya

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
Kep.Sek

Drs. BEJO, M.Pd

     Assalamu'alaikum Wr. Wb.              Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nyalah Website SMK 3 Tegal (www.smkn3tegal.sch.id) bisa kami suguhkan sebagai wujud peduli kami terhadap…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah informasi dalam web ini bermanfaat ?

LIHAT HASIL