Info Sekolah
Wednesday, 17 Aug 2022
  • Website Smkn 3 Tegal Ini Berfungsi Untuk Memberikan Informasi dan Kegiatan Smkn 3 tegal

SMK N 3 Tegal Dukung Literasi Sekolah yang Instagramebel

Diterbitkan :

(Anita Saptowati, S.Pd – Guru SMK N 3 Tegal)

Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Gerakan Literasi Sekolah atau biasa dikenal GLS merupakan suatu gerakan inovatif Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mewujudkan generasi yang literat. Untuk itu dibutuhkan keterlibatan dari berbagai elemen pendidikan diantaranya peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, komite sekolah, orang tua/wali murid peserta didik, akademisi, penerbit, media massa, dan masyarakat.

Peran Perpustakaan

Salah satu peran perpustakaan sekolah adalah sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan. Untuk mendukung kegiatan literasi di  sekolah diperlukan perpustakaan  yang nyaman dan modern. Hal ini disesuikan dengan perkembangan jaman yang semakin pesat di abad 21. Kecakapan yang dibutuhkan di abad 21 adalah keterampilan berpikir lebih tinggi ( Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang sangat diperlukan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global. Pendidikan abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaaan terhadap TIK.  Lalu, apa dan bagaimana kita sebagai pendidik dalam mempersiapkan peserta didik hidup dan berperan di kehidupannya?.

Pustaka Gama yang Instagramebel

Semua negara sudah menyadari tantangan saat ini sehingga mereformasi dan mentransformasi system pendidikan agar lebih siap dengan realitas dunia saat ini. Hal ini menuntut dunia pendidikan untuk dapat memecahkan masalah-masalah kompleks tersebut. Para pendidik harus mendorong dan menumbuhkan peserta didiknya menjadi manusia tangguh dan mampu belajar seumur hidup, sehingga mampu beradaptasi pada keadaan dunia yang selalu berubah dengan sangat cepat. Pendidik harus mampu merubah lingkungan belajar, salah satunya adalah peran perpustakaan sekolah sebagai wadah literasi tidak lagi bersifat konvensional. Perpustakan sebagai pusat informasi warga sekolah  sangat diperlukan adanya perubahan, dengan terus mengikuti perkembangan jaman.   

Gerakan literasi di sekolah tidak lagi menjadi bagian terpisah/berdiri sendiri dalam pelaksanaannya. Pada tahun ini literasi sekolah menjadi bagian yang tidak terpisah dari proses pembelajaran.  Gerakan literasi Sekolah berguna memperkaya dan memperdalam wawasan serta penguasaan materi.  

Untuk itu sekolah-sekolah berbenah untuk melakukan perubahan dari segi sarana dan prasarananya, agar lebih siap dalam menghadapi tantangan percepatan perubahan jaman. Hal ini juga berlaku di perpustakaan  SMK N 3 Tegal, Pustaka Gama. Salah satu kegiatan literasi di Pustaka Gama berjalan dengan baik sesuai dengan Visi dan Misi SMK N 3 Tegal. Pustaka Gama sebagai pusat literasi warga SMK N 3 Tegal  dimanfaatkan oleh siswa dalam melaksanakan program literasi. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kekinian, SMK N 3 Tegal membuat terobosan baru dengan mendesain tata ruang perpustakaan yang instagramebel. Desain yang minimalis namun cukup asri membuat pengunjungnya betah berlama-lama di perpustakaan. Perpustakaan SMK N 3 Tegal jauh dari kesan kumuh dan membosankan, salah satunya dengan menata rak-rak buku dengan desain yang lebih modern sehingga daya tarik siswa dan warga sekolah lebih besar. Pengunjung perpustakaan  dimanjakan dengan ruangan-ruangan yang kekinian, beberapa spot foto tertata di Pustaka Gama. Ruang pojok baca yang nyaman dan tersebar di area perpustakaan dilengkapi dengan  WIFI serta panggung kreasi siswa, disni siswa dapat mengekpresikan hoby dan kegemarannya seperti bermain peran, pidato, membaca puisi, berdebat, menyanyi dll,  Beberapa buku yang tertata rapi dan bersih. Cat-cat dinding yang berwarna warni dan terkesan mencolok, menjadikan pengunjung bersemangat untuk membaca dan beraktifitas di Perpustakaan. Pustaka Gama hadir untuk menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan. Perpustakaan SMK N 3 Tegal merupakan jantung dari sekolah, sebagai  sumber informasi layanan prima sekolah, layanan literasi informasi, pendukung kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pendukung lainnya yang tidak hanya untuk siswa dan guru tetapi seluruh warga sekolah. Dengan mengusung tema kekinian. Perpustakaan SMK N 3  optimis, anak-anak muda akan semakin semangat gemar membaca dan mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar