SMK Negeri 3 Kota Tegal

Jl. Gajahmada No.72D Kota Tegal

SMK Bisa - SMK Hebat - Siap Kerja - Santun - Mandiri - Kreatif

WORKSHOP PENINGKATAN KINERJA TATA USAHA SMK N 3 TEGAL

Selasa, 26 Oktober 2021 ~ Oleh Humas dudi ~ Dilihat 111 Kali

 Lembaga pendidikan adalah suatu organisasi produksi yang menghasilkan jasa layanan pendidikan yang dibeli oleh para pelanggan pendidikan. Pelanggan utama dari lembaga pendidikan adalah peserta didik serta orang tua wali siswa. Di samping itu masih banyak lagi pelanggan  yang lain. Apabila produsen tidak mampu meningkatkan kualitas layanan, dalam hal ini jasa pendidikan, disebabkan karena mutu yang kurang disenangi oleh pelanggan, tidak memberikan nilai tambah bagi peningkatan pribadi individu, pelayanan yang kurang baik, maka produk yang ditawarkan tidak akan laku, akibatnya sekolah akan mundur, juga berimbas pada berkurangnya peminat, dan pada akhirnya sekolah/lembaga tersebut akan ditutup.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan lembaga yang berperan penting dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualifikasi   dan   kompetensi   tinggi.   Sekolah   dituntut   untuk   mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap pembangunan dan peningkatan SDM.  Sekolah  merupakan  salah  satu  lembaga  pendidikan  yang  dibuat diharapkan dapat menciptakan manusia seutuhnya dengan mengembangkan kemampuan intelektual, potensi, spiritual, kepribadian dan sosial dalam membentuk watak manusia. Oleh karena itu sekolah harus dikelola secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam rangka untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran di sekolah diperlukan suatu bagian yang mendukung kegiatan tersebut yaitu tata usaha sekolah. Pada hakikatnya kegiatan tata usaha adalah segenap kegiatan pengelolaan surat-menyurat yang dimulai dari menghimpun (menerima), mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan semua bahan keterangan yang diperlukan oleh organisasi. Tata usaha merupakan salah satu unsur administrasi.

Tata usaha sekolah merupakan ujung tombak pelayanan jasa pendidikan suatu lembaga, yaitu sebagai badan administrasi sekolah yang secara langsung menangani  pelayanan  didalam  internal  maupun  eksternal sekolah yang mempunyai tugas dan fungsi melayani pelaksanaan pekerjaan- pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi, menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan organisasi untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat, dan membantu kelancaran perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan. Maka, melalui manajemen   tata   usaha   yang   baik,   juga   akan   mempengaruhi   kualitas pelayanan suatu lembaga.

Keberadaan tenaga tata usaha sekolah dalam proses pembelajaran sangat diperlukan. Sebagai salah satu komponen proses pembelajaran, tugas dan fungsi tata usaha tidak dapat dilakukan oleh pendidik. Karena pekerjaan tata usaha bersifat administratif yang tunduk pada aturan sifatnya khusus.

Guna peningkatan kinerja  Tata Usahanya , SMK Negeri 3 Tegal menggelar acara workshop “Peningkatan Kinerja Tata Usaha di Masa  PTM  Terbatas” dari tanggal 22 – 23 Oktober 2021. Harapannya kinerja Tata Usaha  lebih meningkat dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pihak – pihak yang membutuhkan   di segi administrasi sekolah,”ucap Sri Indrawati, M.Pd selaku  kepala sekolah SMK N 3 Tegal

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
Kep.Sek

Sri Indrawati, M. Pd

     Assalamu'alaikum Wr. Wb.              Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nyalah Website SMK 3 Tegal (www.smkn3tegal.sch.id) bisa kami suguhkan sebagai wujud peduli kami terhadap…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah informasi dalam web ini bermanfaat ?

LIHAT HASIL
replika jam tangan